GOLODOG GOLOPRAK

Hambatan Belajar? No Problem!

Bila pada tulisan terdahulu kita membicarakan ciri-ciri kesulitan hambatan belajar maka saat ini kita bahas strateginya.

Sebenarnya secara umum kita dapat melakukan beberapa upaya supaya hambatan belajar dapat berkurang seperti:

  • mencari tutor sebaya
  • mencari dan memantapkan kekuatan potensi anak
  • memberikan petunjuk dan struktur belajar yang jelas
  • lakukan konsultasi, bimbingan dan pendampingan secara  rutin
  • memberikan kemudahan dalam metode belajar sesuai dengan kebutuhan anak

Namun demikian ada pula beberapa strategi khusus yang ditujukan untuk hambatan belajar tertentu. Berikut ini ada beberapa strategi yang dapat dilakukan oleh pendidik atau orang tua yang anaknya memiliki hambatan belajar tersebut:

1. Strategi pengajaran untuk anak didik dengan kesulitan konsentrasi

  • memerlambat kecepatan menerangkan materi kepada anak
  • menjaga keterlibatan anak dalam proses pembelajaran
  • menggunakan perangkat visual (gambar, bagan, skema)
  • melakukan remedial teaching secara intensif
  • berikan motivasi, penghargaan secara konsisten
  • fokus pada proses belajar berupa konsentrasi/ketekunan melalui penyesuaian bentuk dan  jumlah tugas
  • memberikan pengawasan secara individu dengan intensif

2. Strategi pengajaran untuk anak dengan hambatan short memory

  • ajarkan menggunakan highlighting untuk kalimat yang penting
  • perbolehkan menggunakan alat bantu berupa gambar, skema, bagan, alat peraga lainnya
  • biarkan anak memecahkan masalah dengan tahapan yang lebih sederhana
  • perbanyak latihan dengan mengulang materi

3. Strategi pengajaran untuk anak dengan hambatan belajar yang lamban

  • memberikan waktu tambahan belajar
  • memberikan banyak contoh, analogi, gambar
  • memberikan motivasi, saran, dan rasa percaya diri
  • sering menulis materi dengan bimbingan intensif

4. Strategi pengajaran untuk anak dengan hambatan sosial emosi

  • membuat daftar perilaku positif yang diharapkan
  • membuat sistem penghargaan yang jelas dan terukur
  • mengerjakan cara berpikir kreatif
  • berbicara terbuka dan penuh perhatian untuk membentuk hubungan saling percaya
  • meminta bantuan kepada pihak-pihak tertentu

Semoga anda dapat mengatasi masalah hambatan belajar anak didik yang ada di sekolah. Semoga bermanfaat!

10 Januari 2010 - Posted by | Keterampilan Mengajar, Manajemen Anak, Pendidikan | , ,

1 Komentar »

  1. http://mobil88.wordpress.com pernah ngalami hal ini…. ya ampir rata-rata manusia emang cape kalo yg namanya belajar…

    Komentar oleh mobil88 | 19 Februari 2010 | Balas


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: