GOLODOG GOLOPRAK

BERUBAHLAH UNTUK SUKSES

Ada pepatah mengatakan bahwa Takdir yang menentukan siapa orang tua kita, tetapi pilihanlah yang menentukan siapa teman kita. Masa sekolah adalah masa yang paling menyenangkan. Karena mereka mendapatkan banyak teman dan juga ilmu. Salah satu faktor yang mendukung kelancaran dalam meraih cita-cita adalah teman. Kadangkala para siswa datang ke sekolah bukan ingin belajar tetapi ingin bertemu teman.  Namun harus diingat bahwa teman bisa membawa pengaruh baik dan buruk. Teman itu bisa bersifat motivator, kompetitor bahkan provokator. Pernahkah di antara teman kalian membuatmu tidak serius untuk sekolah? Senang mengajak untuk kumpul-kumpul, ngobrol-ngobrol tidak jelas, merokok, nongkrong, ngeceng? Pernahkah teman kalian mengajak untuk melakukan perbuatan tak senonoh serta melanggar hukum? Atau mengajari untuk bersikap tidak sopan kepada orang tua dan guru? Banyak remaja sekarang yang mudah dipengaruhi oleh lingkungan dan pergaulan teman-temannya. Mereka lebih menyukai dan memercayai teman daripada orang tua atau guru. Memang hal itu wajar namun kita harus berhati -hati dalam memilih teman. Remaja adalah masanya untuk membuat kelompok dengan orang yang memiliki karakter,hobi, atau  keinginan yang sama. Perlu diingat bahwa teman memiiki tiga kriteria yaitu:

1. Teman yang bersifat motivator: memberikan semangat, dukungan dan bantuan dalam menghadapi permasalah dengan cara yang sesuai norma hukum, agama dan masyarakat yang berlaku.

2. Teman yang bersifat kompetitor: selalu membuat kita terpacu untuk berkompetisi dan memenangkannya.

3. Teman yang bersifat provokator: selalu mempengaruhi dan mendominasi kita untuk melakukan hal-hal buruk.

Kita harus pandai memilih teman tetapi bukan pilih kasih. Yang harus dilakukan adalah jangan biarkan sekolah dipenuhi oleh anak-anak yang sok preman, suka menyontek, senang membolos, selalu melanggar peraturan atau melakuka tindakan kekerasan. Agar dirimu tidak menjadi bagian dari teman yang bersifat provokator, maka jadilah dirimu sendiri dan tidak mudah dipengaruhi oleh orang lain. Jadilah orang yang cerdas dalam bergaul. Maksud cerdas yaitu mampu menemukan masalah yang menghambat perkembangan potensi diri sendiri, berani membicarakan masalah dan mengambil keputusan, mengingatkan bahaya jaman terhadap orang lain. Kalau kalian mau tahu rahasia hidup di masa depan maka kuncinya ada pada apa yang kalian lakukan di masa sekarang. Jadi berubahlah demi masa depan yang sukses!

Note:

Artikel lain kunjungi http://mutiaraendah.wordpress.com

5 Desember 2009 - Posted by | Pidato | , , , , , , , ,

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: