GOLODOG GOLOPRAK

Keliling Nusantara dengan Suzuki Shogun 125

sura3--

jembatan suramadu

Kemarin malam adikku nelpon, ternyata dia ada di rumah, padahal saya sedang di luar buka puasa bersama mertua di depan masjid istiqomah. Sungguh kejutan setelah lebih dari tiga tahun tidak bertemu, hanya kabar dari telpon saja. Dia pergi sejak 13 Maret 2007, awalnya ke Aceh untuk bekerja dan sudah mendapatkan kepercayaan untuk membangun rumah pasca tsunami, tetapi mungkin dia terinspirasi ketika dia belajar di MI (setingkat SD) bahwa Indonesia itu terbentang dari Sabang sampai Merauke. Dia menepati tekadnya untuk merayakan 17 Agustus 2007 di Sabang dan 17 Agustus 2008 di Merauke, dengan mengendarai Suzuki Shogun 125 (2005). Motor cicilan yang sudah dua tahun nunggak, dan katanya, dia akan mengembalikan daripada harus menyicil…Padahal itu benda kenangan, pikir saya.

Selama perjalanan, dia hanya mengandalkan rekomendasi dari kepolisian, klub motor yang dikunjungi, dan kelompok pecinta alam setempat. Kalau kekurangan uang dia bekerja atau mengamen, karena ketika pergi tanpa persiapan bekal yang memadai. Bahkan tanpa pamit secara langsung ke kakaknya (Bandung), hanya pesan dari ibu bahwa dia ingin berkeliling nusantara.

Baru mengobrol beberapa jam setelah buka puasa bersama, sudah ditelpon temannya untuk silaturahmi dengan klub motor ceper di Pasirimpun Sukamiskin. Pagi hari ini rencananya akan ke Gedung Sate, ingin bertemu Dede Yusuf. Rencananya satu minggu sebelum lebaran sudah ada di Banjarsari Ciamis, bertemu ibu dan keluarga yang setiap saat selalu mengkhawatirkan dan merindukannya.

Satu tahun ke depan mungkin dia di Banjarsari, menyusun dokumentasi, kenang-kenangan, pernak-pernik, lagu-lagu dari setiap daerah. Entah dua tahun ke depan…, karena katanya dia menyesal tidak singgah ke pulau Batam. Padahal saya mengharapkan dia mengurus kebun dan sawah peninggalan bapak, karena saya tahu dia orangnya rajin. Tetapi, saya mungkin akan berpikir ulang, kalau sudah tahu nusantara, mana mungkin akan berdiam di suatu tempat. Sangat mungkin ingin mencapai sesuatu yang lebih besar: Keliling Dunia…

9 September 2009 - Posted by | Pengalaman, Wisata | , ,

1 Komentar »

  1. asikkkk mas broo,

    Komentar oleh aco abel | 11 September 2012 | Balas


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: