GOLODOG GOLOPRAK

Pidato Upacara Bendera (III) Ciri-ciri Anak yang Sudah Besar

Assalamulaikum warahmatullahi wabarakatuh,

Yang terhormat Bapak Kepala Sekolah.

Yang terhormat Para PKS dan staf.

Yang terhormat Ibu dan Bapak  Guru serta Staf Tata Usaha dan Perpustakaan.

Tidak lupa ibu ucapkan terima kasih kepada kelas 7A yang telah bersedia menjadi petugas upacara dan berusaha sebaik mungkin

Anak-anakku,

Masa SMP adalah masa peralihan dari masa kanak-kanak menuju remaja, masa di mana kalian selalu ingin diperhatikan, selalu ingin diikuti segala keinginannya, selalu ingin dimanja, selalu banyak ingin tahu dan lain-lain.

Sebagian dari kalian tidak mau dikatakan anak kecil, menganggap diri anak sudah besar, tetapi pikiran dan perilaku kalian masih seperti anak kecil.  Anak besar bukan berarti badannya sudah besar, tetapi ada hal-hal yang mencirikan dia bisa disebut anak besar. Ibu akan menyebutkan ciri-ciri anak yang sudah dikatakan besar:

1. Bertanggung jawab

Anak yang bertanggung jawab akan selalu ingat terus tugas utamanya sebagai pelajar yaitu belajar.  Apakah kalian masih harus selalu diingatkan untuk belajar?

2. Berani mengambil keputusan

Anak yang berani mengambil keputusan akan menolak ajakan teman untuk nonton bola di Stadion Siliwangi, atau nonton TV sampai larut malam, karena besok akan ada ujian, sehingga besok tak akan pernah mengeluarkan jurus tari Bali: lirik kiri kanan…

3. Bisa mengatasi masalah

Anak yang bisa mengatasi masalah akan selalu mencari jalan keluar bila mendapatkan masalah. Bila ada kesulitan dalam belajar, bisa bertanya kepada teman dan atau guru.  Selalu bicarakan bila ada masalah, jangan dengan kekerasan.

4. Berusaha mandiri

Anak yang berusaha mandiri akan mengerjakan tugas sebagai pelajar tanpa harus selalu diingatkan seperti belajar, mengerjakan PR dan mengerjakan tugas sehari- hari seperti mencuci baju sendiri, merapikan kamar, mengasuh adiknya, membantu orang tua dan banyak lagi.

5. Tidak manja

Anak yang tidak manja adalah anak sudah bisa menerima kenyataan bahwa tidak semua keinginannya dikabulkan orangtuanya, seperti ingin punya motor, padahal SIM saja belum punya, terus ngambek, kabur dari rumah.

Anak-anaku sekalian yang Bapak sayangi dan banggakan,

Nah, setelah kalian mendengarkan 5 ciri anak yang sudah bisa dikatakan anak besar, kalian bisa menilai diri kalian apakah sudah termasuk anak yang dikatakan anak besar? Terima kasih kalian sudah bisa dikatakan sebagai anak besar dan bila belum berusahalah untuk menjadi anak besar

Terima kasih atas perhatiannya.

Wassalamualaikum warahmatullahi  wabarakatuh

(Penulis: Dewi Mustikasari, SPd)

About these ads

15 Februari 2011 - Posted by | Pidato | , ,

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: